SILABUS PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SD Inp. KALOMPI
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Kelas / Semester : V1 ( ENAM ) / I1(dua)
StandarKompetensi : memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
Kompetensi Dasar : mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Penilaian
Model/ Metode Pembelajaran
Sumber/ Bahan/ Alat
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
Tekhnik
Bentuk
Proses :
Menyebutkan terjadinya interaksi antara matahari sebagai pusat tata surya dan benda-benda langit lainya
Pro Produk :
Menuliskan interaksi antara matahari sebagai pusat tata surya dan benda- benda langit lainya.
Karakter :
· Disiplin dan memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru
· Tekun dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru
Sosial :
v Membantu teman yang kesulitan dan tidak memahami pelajaran. bekerja sama untuk menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan oleh guru.
· Mendemonstrasikan tugas yang diberikan pada masing-masing kelompok
· Mengoreksi jawaban yang diberiksn oleh setiap kelompok
Matahari sebagai pusat tata surya
1. Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jeniskelamin, suku, dll)
2. Guru menyajikan pelajaran
3. Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengertidapat menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
5. Memberievaluasi
6. Kesimpulan
1 x 35 menit
Lisan
Tertulis
Tanya Jawab
essay
Model Pengajaran :
Kooperatif tipe Student Teams- Achievement Divisions ( STAD )
Metode :
*Ceramah
*Diskusi
*Penugasan
*Tanya Jawab
Sumber :
BukuBSE IPA
Kelas V1
Makassar , Desember 2012
Dosen Pembimbing
NURLINA, S. Si., M.Pd
...................................................
Mengetahui
Mahasiswa
IRWAN
...................................................
NIM. 10540 6704 11
0 comments:
Post a Comment