SELAMAT DATANG

Sunday, 14 September 2014

Contoh Silabus


SILABUS PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH              : SD Inp. KALOMPI

Mata Pelajaran                    :   ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

Kelas / Semester                   :   V1  ( ENAM ) / I1(dua)

StandarKompetensi           :   memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

Kompetensi Dasar            :   mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya



Indikator
   

Materi Pembelajaran
   

Kegiatan Pembelajaran
   

Alokasi Waktu
   

Penilaian
   

Model/ Metode Pembelajaran
   

Sumber/ Bahan/ Alat

Kognitif
   

Afektif
   

Psikomotorik
   

Tekhnik
   

Bentuk

Proses :

Menyebutkan terjadinya interaksi antara matahari sebagai pusat tata surya dan benda-benda langit lainya



Pro   Produk :

Menuliskan interaksi antara matahari sebagai pusat tata surya dan benda- benda langit lainya.
   

Karakter :

·         Disiplin dan memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru

·         Tekun dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru

Sosial    :

v Membantu teman yang kesulitan dan tidak memahami pelajaran. bekerja sama untuk menyelesaikan tugas kelompok yang diberikan oleh guru.
   

·      Mendemonstrasikan tugas yang diberikan pada masing-masing kelompok

·      Mengoreksi jawaban yang diberiksn oleh setiap kelompok


   


Matahari sebagai pusat tata surya
   

1.       Membentuk  kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jeniskelamin, suku, dll)

2.       Guru menyajikan pelajaran

3.       Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengertidapat menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.

4.       Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu

5.       Memberievaluasi

6.       Kesimpulan


   

1  x  35 menit
   

Lisan




Tertulis








   

Tanya Jawab



essay
   

Model Pengajaran :

Kooperatif tipe Student Teams- Achievement Divisions ( STAD )



Metode :

*Ceramah

*Diskusi

*Penugasan

*Tanya  Jawab
   

Sumber :

BukuBSE IPA

Kelas V1






Makassar ,   Desember 2012

              


Dosen Pembimbing



NURLINA, S. Si., M.Pd

...................................................


   


Mengetahui
   



Mahasiswa



IRWAN

...................................................

NIM. 10540 6704  11


0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes