SELAMAT DATANG

Monday 29 June 2015

Makalah basis data

Basis data adalah tempat untuk menyimpa berbagai data yang diperlukan oleh organisasi, perusahaan, instansi maupun maupun pemerintah bahkan perorangan. Data yang dimiliki perusahaan atau pemerintah sangat variatif, misalnya data karyawan, ata barang, dan data pelanggan.Masing-masing data tersebut harus disimpan dalam tempat tersendiri.Tempat untuk mencatat data tersebut disebut file. Basis data dapat diperoleh dari dalam perusahaan (internal) maupun dari luar perusahaan (eksternal ).
        Basis data merupakan kumpulan beberapa tabel, setiap tabel digunakan untuk menyimpan data yang sejenis. Setiap tabel juga memiliki beberapa recordatau baris. Masing- masing baris mewakili suatu objek misalnya objek  manusia, benda, peristiwa dan sebagainya.Setiap baris data terdiri atas beberapa kolom, atau disebut juga atribut yang dimiliki oleh data bersangkutan. Misalnya data seorang mahasiswa, terdiri atas nomor mahasiswa, nim, angkatan, tempat tanggal lahir serta jurusan.
Model basis data secara unum ada 3 yaitu :
1.    Model Hirarkis, model ini sangat mirip dengan struktur organisasi suatu perusahaan. Contoh digambarkan bahwa Fakultas Ekonomi memiliki tiga jurusan, masing-masing jurusan akuntansi, manajemen dan perbanakan. Masing-masing jurusan tersebut memiliki tiga elemen yang dibawahinya, demikian seterusnya,
2.    Model Jaringan, model ini ditandai dengan adanya hubungan antara satau kelompok data dengan kelompok data yang lain.
3.    Model relasional , model ini menunjukan keterkaitan antara suatu tabel dengan tabel lain dengan lebih jelas disbanding kedua model terdahulu. Dalam metode ini, hubungan antar setiap tabel ditunjukan dengan cara menghubungkan atribut-atribut atau antar- field.

       Sebenarnya pada tahun 1970-an muncul model baru yang disebut model relasi yang disarankan oleh E.F Codd, akan tetapi metode ini kurang diterima oleh orang awam.Metode ini hanya diterima oleh kalangan perguruan tinggi saja karena metode ini menggunakan teknologi penyimpanan data yang rumit.



Dalam basis data terdapat hubungan antar kabel atau kardinalitas. Ada 3 jenis kardinalitas yaitu:
1.    Hubungan One-to-One, adalah huungan yang hanya melibatkan satu record disatu file dan satu record saja di file lain. Misalnya file Mahasiswa (terdiri dari field No Mhs dan Nama ) dihubungkan dengan field Peserta Ujian (terdiri dari field NIRM dan Nama Pesrta).
2.    Hubungan One-to-Many, terjadi bila suatu record yang ada di tabel kiri berhubungan dengan beberapa record yang ada disebelah kanan. Contohnya hubungan antara nama orang dengan beberapa nomor telepon.
3.    Hubungan Many-toMany, yaitu hubungan antara dua tabel yang memu ngkinkan data disebelah kiri berhubungan dengan beberapa tabel disebelah kanan.

         Berdasarkan tujuannya tabel dapat digolongkan menjadi dua yaiyu tabel mastr dan tabel transaksi. Tabel master adalah tabel yang berisi data lengkap sehingga dapat berdir sendiri, sedangkan tabel transaksi adalah tabel yang tidak lengkap atau hanya berisi kode saja.
Dalam basis data, fingsi kode antara lain sebagai berikut :
1.    Mencegah informasi menjadi berantakan
2.    Menyediakan sarana akuntabilitas untuk kelengkapan transaksi yang diproses
3.    Mengidentifikasi akun dan transaksi unik dalam suatu file
4.    Mendukung fungus audit

Dalam suatu perusahaan orang-orang yang terlibat dalam pengolahan basis data adalah :
1.    Database administrator, bertugas merancang dan mengembangkan basis data.
2.    System analist/system designer, bertugas merancang pengkodean prosedur dan pengendalian intern.
3.    Librarian, bertugas menyimpan program dan file data agar digunakn oleh yang berhak saja.
4.    Data operator, adalah orang yang menggunakan aplikasi untik program pencatatan data

       
Data yang disimpan dalam basis data harus dapat dibaca dan diolah . Fasilitas yang paling banyak dikenal pemakai computer adalh SQL (Structured Query Language). Struktur ini merupakan struktur tata bahasa yang sama antara program basis data satu dengan program basis data lainnya, sehingga pemakai Ms Acces misalanya tetap dapat menggunakan SQL pada program basis data lain seperti Oracle dan MS Fox Pro.
Dalam sistem informasi akuntansi dikenal basis data yang dinamakan basis data GLS. Basis data GLS terdiri dariberbagai file transaksi, file master, file referensi, dan file arsip. File-file ini bervariasi antata perusahaan satu dengan perusahaan yang lain. Kelebihan dari basis data ini adalah pada pengendaliannya karena memilike file pengendali cadangan. Sedangkan kelemahannya yaitu tidak efisien karena menggunakan pendekatan file berurutan yang tidak efisien dalam kegiatan operasi atau menfasilitasi pengurangan tenaga kerja.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes