SELAMAT DATANG

Thursday 25 June 2015

TEKNOLOGI KOMPUTER, TEKNOLOGI INFORMASI DAN PROGRAM KOMPUTER

Perangkat Komputer
    Bentuk komputer sekarang sangat bervariasi, sudah tidak seperti dulu pada masa lahirnya. Pada masa dulu, komputer bentuknya selalu kotak, dilengkapi dengan monitor yang ukurannya lebih besar dari kotak komputernya, dilengkapi dengan keyboard. Sekarang bentuk komputer sudah sangat beraneka ragam, mengikuti selera pemakainya, selain fungsi utamanya untuk pengolahan data. Berdasarkan bentuknya, komputer dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis berikut ini:
-    Supercomputer dan mainframe    -     Tablet
-    Komputer mini    -    PDA atau palmtop
-    Desktop atau PC        -    Komputer Kartu
-    Notebook dan subnotebook         -    Komputer Jam
Komponen Perangkat Komputer
    Fungsi komputer adalah menerima masukan, mengolah masukan, dan menghasilkan keluaran. Dalam beberapa hal, data dan informasi juga perlu disimpan, sehingga komputer harus dapat menyimpan data dan informasi.

Perangkat Masukan
Perangkat masukan adalah perangkat yang digunakan memasukkan data dari luar sistem komputer ke dalam sistem komputer.
Perangkat komputer dapat digolongkan ke dalam dua kelompok, yaitu:
a.    Perangkat input  tidak langsung.
b.    Perangkat input  langsung.
Contoh alat yang termasuk ke dalam perangkat input langsung adalah:
    Keyboard,
    Mouse,
    Mike,
    Smart card reader,
    Magnetic card reader,
    Scanner,
    Dll.
Perangkat Prosesor
    Perangkat pengolah atau prosesor adalah bagian komputer yang berfungsi untuk mengendalikan kinerja komputer dan melakukan berbagai pekerjaan pokok komputer, yaitu mengolah data.
I.    Prosesor  RISC
Prosesor RISC (reduced instruction set chip) adalah prosesor yang dirancang untuk komputer mainframe atau komputer mini. Komputer ini terdiri atas satu komputer server (pusat) dan dihubungkan dengan beberapa terminal. Masing-masing terminal dapat menjalankan program yang berbeda-beda dengan prosesor yang ada di komputer server.
II.    Prosesor CISC
Prosesor CISC (complex instruction set chip) adalah prosesor yang dirancang untuk komputer PC.
III.    Prosesor Palmtop (StrongArm)
Prosesor palmtop, merupakan prosesor yang digunakan pada komputer palmtop.
IV.    Cara Kerja Prosesor
Dalam bekerja, prosesor melakukan beberapa instruksi dalam bahasa mesin. Secara garis besar, sebuah prosesor dapat mengerjakan tiga pekerjaan utama, yaitu:
    Dengan menggunakan ALU, prosesor mengerjakan pekerjaan matematis, yaitu penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
    Prosesor dapat memindahkan data dari satu lokasi memori yang lain.
    Prosesor dapat membuat keputusan untuk melompat langsung ke perintah yang lain berdasarkan keputusan tersebut.
Perangkat Keluaran
    Perangkat keluaran adalah bagian komputer yang bertugas untuk menampilkan hasil pengolahan.
Jenis-jenis perangkat berdasarkan fungsinya:
    Monitor, untuk menampilkan keluaran dalam waktu relatif singkat.
    Printer, untuk mencetak keluaran sehingga dapat dibaca dalam waktu lama.
    Speaker, untuk mengeluarkan bunyi atau suara.
    Proyektor, untuk menampilkan keluaran dalam ukuran lebar dan temporer.
I.    Monitor
Monitor adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk menampilkan hasil olahan yang bersifat sementara.
Monitor dapat digolongkan menjadi dua kelompok berdasarkan cara kerjanya, yaitu monitor CRT dan LCD.
-    Monitor CRT
Monitot CRT (cathode ray tube, atau tabung sinar katoda), adalah monitor yang dalam menampilkan keluarannya menggunakan teknologi pancaran sinar katoda.


-    Monitor LCD
Monitor LCD (liquid crystal display) tidak memerlukan pancaran sinar, tetapi sudah menggunakan arus listrik yang bekerja digital.
II.    Printer
Printer adalah perangkat yang digunakan untuk mencetak keluaran, biasanya di kertas, dan sekarang ini bisa juga di media lain, seperti plastik, dan kain atau kaos.
Berdasarkan cara kerjanya, printer digolongkan ke dalam tiga kelompok, yaitu:
    Printer bertekanan
Printer bertekanan (impact printer) adalah printer yang menggunakan hentakan atau tekanan untuk menghasilkan keluaran.
    Printer tinta
Printer tinta (inkjet printer) adalah printer yang menggunakan semprotan tinta untuk menampilkan hasil cetakan.
    Printer laser
Printer laser adalah printer yang menggunakan teknologi laser dalam mencetak keluarannya.
III.    Speaker
Perangkat yang dapat menghasilkan bunyi atau suara adalah speaker.
IV.    Proyektor
Proyektor adalah alat yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar.
Perangkat Simpan
    Perangkat simpan adalah merupakan bagian komputer yang bertugas menyimpan data, sehingga dapat digunakan lagi pada lain waktu.
Jenis-jenis perangkat simpanan berdasarkan cara kerjanya ada tiga kelompok, yaitu:
I.    Perangkat Simpan SASD
SASD adalah singkatan dari sequential access storage davice, atau perangkat simpan yang bekerja secara sekuensial. Dengan kata lain, perangkat simpan ini bekerja dengan cara membaca (atau menulis) data secara urut dari awal sampai akhir, tanpa ada kemungkinan meloncat atau melewati bagian tertentu.
II.    Perangkat simpan DASD
DASD adalah singkatan dari direct access storage device, atau perangkat simpan yang bekerja dengan cara langsung. Artinya, perangkat tersebut dapat membaca atau menulis langsung di tempat yang diperlukan.
III.    Perangkat simpan flash
Perangkat simpan flash adalah perangkat simpan berbentuk kepingan memori dan tidak memerlukan gerakan fisik.
Perangkat Periferal
    Perangkat bantu adalah perangkat yang dapat ditambahkan ke dalam sistem komputer, sehingga menyebabkan kemampuan komputer semakin bertambah. Contoh perangkat bantu adalah: faks, modem, kartu jaringan, kartu televisi, dan kartu radio.
Sistem Operasi
    Sistem operasi adalah program komputer yang paling penting, karena merupakan program yang digunakan untuk menghidupkan komputer, menggunakan dan menjalankan komputer, hingga mematikan komputer. Dengan demikian, semua program yang akan dipasang dan digunakan pada komputer yang sudah diisi dengn suatu sistem operasi, haruslah program yang juga dapat dijalankan pada sistem operasi tersebut.
Bahasa Komputer
    Bahasa komputer merupakan serangkaian perintah yang dapat diatur dan dirangkai sedemikian rupa, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang berguna bagi pemakainya nanti.
Dilihat dari fungsi perintah-perintahnya, bahasa komputer memiliki sekumpulan perintah yang memiliki fungsi tertentu. Fungsi-fungsi dalam bahasa komputer biasanya meliputi:
    Deklarasi atau pernyataan. Bagian ini biasanya diletakkan di bagian awal suatu program dan berfungsi sebagai suatu persiapan.
    Input/output. Bagian ini digunakan untuk membaca data yang akan diproses untuk menampilkan informasi hasil olahan.
    Pengujian. Bagian ini digunakan untuk menguji kondisi tertentu.
    Perulangan. Salah satu manfaat program komputer adalah untuk mengerjakan program komputer yang berulang-ulang.
    Pencetakan. Meskipun fungsi pencetakan dapat disatukan dengan fungsi output/input, tetapi pencetakan disini memiliki arti yang lebih luas, yaitu tidak hanya menampilkan informasi ke printer, tetapi juga ke berbagai perangkat lain yang dapat menerima hasil cetakan. Cetakan tidak harus dilakukan di printer, tetapi juga dapat ke miesin faks, atau ke jalur internet.
Program Aplikasi Umum
a.    Program pengolah data (word processor), contoh program ini adalah MS Word, WordPro.
b.    Program pengolah angka (spreadsheet), contoh program ini adalah MS Excel.
c.    Program presentasi (presentation), contoh program ini adalah MS Powerpoint.
d.    Program surat elektronik (e-mail), contoh program ini adalah MS Outlook Express. Sekarang juga sudah banyak program e-mail yang dijalankan langsung dari browser.
e.    Program penjelajah (browser), contoh program ini adalah Firefox, MS Internet Explorer, Opera.
Program Akuntansi
    Program yang diperlukan oleh tiap perusahaan untuk mengolah data dan mencatat data akuntansi dalah program akuntansi. Program akuntansi memiliki kemampuan untuk mencatat berbagai data penting (misalnya persediaan barang dagangan dan data pelanggan), mencatat berbagai data transaksi (penjualan dan pembelian, penerimaan dan pengeluaran kas), pencatatan jurnal, sampai kepada penyajian berbagai laporan.
    Program akuntansi memiliki berbagai kemampuan dasar untuk mencatat dan mengolah data akuntansi dan masih dapat ditambah lagi untuk keperluan analisis manajemen. Beberapa kemampuan tersebut adalah:
a.    Billing (penagihan) baik atas penjualan barang, aktiva maupun jasa yang dilakukan oleh perusahaan.
b.    Bookkeepping (pencatatan atau pembukuan), yaitu mencatat berbagai tramsaksi keuangan yang terjadi di dalam perusahaan.
c.    Budgetting (penganggaran), yaitu kemampuan mencatat anggaran dan membandingkannya dengan realisasi secara periodik.
d.    Expense reporting (pelaporan biaya), merupakan fungsi program untuk menghasilkan laporan berbagai pengeluaran atau pembebanan biaya.
e.    Financial reporting (Pelaporan keuangan), digunakan untuk menyajikan berbagai laporan keuangan standar, seperti laba rugi, perubahan modal, dan neraca.
f.    Payroll (penggajian), merupakan salah satu fungsi penting di dalam perusahaan, yaitu mencatat dan menghitung penggajian terhadap karyawan.
g.    Performance management (kinerja manajemen), merupakan fungsi untuk melakukan analisis berbagai data yang sudah dicatat oleh program.
h.    Tax (perpajakan) adalah fasilitas program untuk memperhitungkan, mencatat, dan menganalisis pajak yang harus dibayar oleh perusahaan.
Program Perancangan Sistem
    Program perancang sistem adalah program yang digunakan oleh seorang perancang sistem untuk mempermudah dan mempercapat pekerjaannya. Program perancangan sistem digunakan untuk menggambar berbagai rancangan sistem, seperti flowchart, data flow diagram, struktur organisasi, dan program-program lain yang tidak harus sama antara satu perancang sistem dengan perancang sistem lainnya.
Keuntungan penggunaan program komputer untuk perancangan sistem adalah:
a.    Kumudahan penyuntingan diagram,
b.    Rancangan yang sudah jadi dapat dipakai pada perancangan subsistem yang lain,
c.    Beberapa perancang sistem dapat saling bekerja sama, bahkan meskipun mereka berada di tempat yang saling berjauhan (sepanjang ada koneksi internet).
d.    Hasil rancangan terlihat jauh lebih profesional dibanding rancangan manual.
Pekerjaan seorang perancang sistem akan meliputi program-program di bawah ini:
a.    Program aplikasi umum, seperti MS Word, MS Excel, MS PowerPoint.
b.    Program pembuatan diagram, denah, struktur organisasi, dan sejenisnya, diperlukan program-program gambar seperti SmartDraw, Chartist, MS Visio, dll.
c.    Program CASE (Computer Assisted Software Engineering), yaitu program yang digunakan untuk merancang dan menganalisis sistem, mulai dari perancangan prosedur, perancangan basis data, perancangan program dan perlengkapannya. Contoh program ini adalah PowerBuilder dan PowerDesigner.
Cara Mendapatkan Program
Program komputer cukup banyak tersedia di pasar komputer. Berikut ini cara mendapatkan program komputer.
a.    Membeli program jadi.
Keuntungan membeli program jadi adalah program ini sudah dirancang dengan profesional, telah melalui tahap uji coba yang cukup, dan memenuhhi kaidah yang berlaku umum.
Program jadi ini memiliki kelemahan, diantaranya adalah tidak mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
b.    Memesan kepada perusahaan pengembang program komputer.
Kebaikan program ini adalah karena dirancang khusus untuk perusahaan, maka dijamin dapat dijalankan oleh perusahaan.
Kelemahan program ini adalah tidak ada perusahaan lain yang menggunakan program serupa, sehingga apabila perusahaan menghadapi masalah, maka tidak akan dapat berkomunikasi dengan sesama pengguna.
c.    Menyewa program dengan membayar setiap tahun atau secara periodik.
Keutungan menyewa program adalah perusahaan selalu mendapat versi baru dengan harga relatif lebih murah.
Kerugiannya adalah perusahaan akan selalu tergantung dengan perusahaan yang menyewakan program.
d.    Mencoba dulu program yang akan dipakai, dengan cara mengambil dari internet, atau bisa mendapatkan langsung dari perusahaan.
Keunggulan program ini adalah praktis untuk mendapatkannya, karena biasanya diambil dari internet. Kualitas program ini juga banyak yang baik. Hanya saja untuk mendapatkannyapun relatif sulit.
e.    Mendapatkan program gratis. Program gratis adalah program yang disebarluaskan secara cuma-cuma, dan tidak termasuk ke dalam program bajakan.
Program ini menguntungkan perusahaan karena harganya murah, kualitasnya seringkali tidak kalah dengan program komersial.
Kelemahan program seperti ini adalah tidak ada dukungan purna jual dari pembuatnya, sehingga kalau ada masalah, perusahaan harus mengatasinya sendiri.
Menjalankan Program Akuntansi
    Untuk memakai program komputer akuntansi, ada tiga langkah utama, yaitu:
1.    Menyiapkan Data Induk   
Data induk merupakan data yang mewakili suatu entitas. Data ini misalnya:
-    Data rekening    -     Data pemasok
-    Data persediaan    -    Data faktur
-    Barang dagangan    -    Data karyawan
-    Data pelanggan
Setelah data induk siap, pamakai program dapat mengatur setting program, misalnya tampilan warna layar, jumlah digit untuk pecahan, format kalender, dsb.
2.    Mencatat Transaksi
Setelah data induk selesai disiapkan, pemakai program dapat mencatat berbagai transaksi yang terjadi. Transaksi yang dapat dicatat meliputi:
a.    Pemesanan barang
b.    Mengirimkan barang kepada pelanggan
c.    Mengirimkan tagihan kepada pembeli
d.    Menerima pembayaran dari pelanggan
e.    Mencatat berbagai transaksi penyesuaian yang diperlukan untuk mengoreksi kesalahan maupun untuk persiapan proses tutup buku.
3.    Membuat laporan
Pada akhir periode, perusahaan perlu mencetak berbagai laporan keuangan akuntansi, seperti neraca, laba rugi, dan perubahan modal. Selain mencetak berbagai laporan, perusahaan juga perlu melakukan proses tutup bulan atau tutup tahun, yaitu menutup rekening-rekening nominal, seperti rekening penjualan dan biaya, sehingga jumlahnya mulai dari nol lagi untuk periode berikutnya.
Setelah langkah penutup ini, perusahaan siap menjalankan kembali pencatatan transaksi untuk periode berikutnya dan proses tutup periode.
   

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes